Thursday, May 22, 2008

Ke Luar Negeri? Hmm.....

Dalam tempo dua hari terakhir ini gw menerima tidak hanya satu, tapi tiga buah ajakan yang bisa dibilang jarang gw dapatkan on my regular days… Yaitu ajakan jalan-jalan ke luar negeri.

Jadi inget, dulu waktu jaman kuliah ada seorang teman, sebut saja namanya Daniel (loh, itu kan emang nama dia). Suatu hari saat kita lagi pada ngumpul di pojokan kelas nungguin dosen dateng, tiba-tiba dia melontarkan sebuah ajakan, “Eh guys, liburan tahun baru ini kita ke Singapore yuk? Atau ke Hong Kong!”


Menyandang status mahasiswa di sebuah perguruan tinggi yang masih disubsidi pemerintah, gw dan 5 orang kawan gw lainnya langsung ngasih komentar, “Lu ngajak enak amat. Lu pikir Singapore atau Hong Kong itu kaya dari Gerlong ke Cimahi?!??! Bisa langsung berangkat dengan modal cuma 10 ribu perak!”

Pada saat itu gw menganggap ajakan Daniel itu cukup absurd, karena kita masih mahasiswa. Beli sepatu aja masih minta duit ke ortu. Lah kok tau-tau minta jalan-jalan ke Singapore. Kebayang aja wajah nyokap gw kalo suatu hari saat dia sedang memasak di dapur, trus gw dengan manisnya nyamperin beliau, “Ma, lagi goreng empal yah? Kayaknya enak tuh. Oh iya, gini loh.. kan aku bentar lagi liburan semester tuh, boleh gak kalo aku menghabiskan waktu seminggu di Singapore atau Hong Kong? Ntar mama aku beliin parfum deh, tapi duitnya dari mama yah?”

Hmm.. dijamin empal yang masih panas itu bisa langsung mendarat di muka gw.

Waktu berlalu dan kini gw udah bisa menghasilkan duit sendiri walau nggak banyak. Travelling atau sekedar jalan-jalan / rekreasi kecil-kecilan pun sudah masuk dalam agenda rutin gw beserta temen-temen. Tapi nggak tau kenapa, kok gw nggak pernah terpikirkan untuk liburan ke luar negeri yah? Malahan gw lebih sering ngabisin duit buat makan (baca postingan ttg Sushi) atau beli sepatu :P *Duuh, sneakers yang di Zara PI itu menggoda sekali*.

Hingga dua hari terakhir ini… Kemarin, saat gw dan Kang Ade nemenin Koko Jo (dr Bandung) dan Andre (dr Jogja) jalan-jalan keliling Bogor, Kang Ade bertanya ke gw, “Ronron udah punya paspor belum?” . “Kenapa kang?,” jawab gw. “Kita bertiga tahun depan ada plan mo travelling, maybe ke Thailand. Ikut aja yuk, biar rame.”

Trus sekitar satu jam setelah ajakan pertama, Luthfi sahabat gw yang melankolis menelpon. Diantara beragam topik yang kita bicarakan, salah satunya adalah seperti ini, “Eh ron, gimana kalo kita Juli ini ke Singapore berdua??? Kan akomodasinya gratis, kita bisa tinggal di rumah bokap gw. Sekalian kita ngerayain ulang tahun bareng disana? Yuk, klo mau gw bisa urus permohonan cuti dari sekarang.”

Dan terakhir terjadi beberapa jam yang lalu, saat YM-an dengan Kang Ade. “Ron, Air Asia lagi ada promo ke KL katanya. Ampe November. Si Jo sama Andri ngajakin maen ke KL. Kira-kira kamu mau ikut nggak?”.

“Loh, bukannya kalian rencana jalan-jalannya tahun 2009?” tanya gw lagi. “Ke Thailand mah tetep jadi tahun depan, yang tahun ini kan ke KL. Klo mau ikut kamu sms Jo aja yah biar dia bookingin tiketnya.”

Wow… benar-benar amazing yah ternyata kalo kita udah bisa cari uang sendiri. Kita bisa ambil keputusan apapun semau kita.Termasuk liburan rutin tiap tahun ke luar negeri seperti si Kang Ade. Jadi ajakan seperti yang pernah Daniel lontarkan ketika jaman kuliah bukan lagi menjadi sebuah hal yang aneh sekarang. Tapi meskipun untuk tiap tahun harus berlibur ke luar negeri kok kayaknya belom ada di rencana hidup gw, kayaknya gw akan menerima salah satu atau salah dua ajakan itu…

Supaya tabungan nggak menguap jadi angin, mungkin beberapa bulan ke depan gw harus mengurangi bujet belanja-belanja dan makan di luar kali yah? Duuh, beratnya…

8 comments:

imgar said...

"oleh-oleh ya.." itu kalimat yg selalu menyertai org yg pergi dan jalan-jalan. dan aku benci mendengar kata2 itu..!! :D

Ronn said...

Hahahaha.. meuni kopet ih si akang mah :P

Btw gw bulan dpn mo ke bandung... mo nitip oleh2 gak? LOL

imgar said...

kata2 itu terasa 'membebani'. padahal tanpa kata2 itu pun, sebenarnya saya selalu inget beli2 sesuatu untuk teman ato sodara.

!dJibRiL $i gil@ said...

Gw ga butuh oleh-oleh ron...cuma mo menyatakan bahwa setelah kerja.....dan menikah...keputusan ada di tangan istri...haha..!!

v1rzh4 said...

jalan-jalan ke luar negeri???

hmmm, daku blum bisa klo pake duit sendiri. tapi suatu saat, i will! :D

Tatz said...

eh, kalo beneran ke luar negeri, jangan lupa Oleh-oleh yaaa...^^

mr.cappuccino said...

luar negeri...?
asik...

goiq said...

gw mah idem aja ama yg laen... oleh-oleh kalo ngga mentahan. gyahahahaha